Apa Makanan Khas Daerahmu?



Barabai merupakan ibukota dari kabupaten Hulu Sungai Tengah, yang merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan. Ada banyak makanan khas dikota ini, salah satunya yang biasa dijadikan oleh2 adalah apam barabai.
Apam barabai adalah kue basah yang dibuat dari tepung beras, santan, gula merah/putih, dan tape singkong. Makanan ini bentuknya bulat dan tipis, berwarna merah kecoklatan atau putih. Teksturnya sangat lembut, sehingga enak dilidah.
Yang berwarna merah kecoklatan, gula yang digunakan adalah gula merah, sehingga rasanya sangat khas, gurih dan manis, aromanya pun memiliki aroma yang kuat dari gula aren. Yang warna putih pun tak kalah enak, rasanya juga manis, orang yang kurang suka aroma dan rasa gula merah bisa memilih apam yang putih ini.
Apam ini banyak dijual dipasar barabai, terutama didepan terminal barabai, biasanya apam ini dibungkus dengan daun pisang. Satu bungsus isinya biasanya 8-10 lapis apam, harganya hanya Rp. 5000,-/bungkus. Untuk oleh-oleh, makanan ini bisa tahan sampai 3 hari, tergantung suhu penyimpanan.
Jika anda jalan2 kekota barabai atau melewati kota barabai, jangan lupa mampir untuk membeli oleh2 ataupun mencoba makanan khas ini.
sekarang kita jelajah gizinya. kandungan gizi yang ada dalam apam barabai adalah:
Karbohidrat

selain itu ada juga Pakasam. Pakasam adalah menu masakan khas dari Barabai, provinsi Kalimantan Selatan. Di beberapa daerah ada yang menyebutnya Pekasam atau Iwak Samu. Sentra pembuatan Pakasam yang terkenal adalah desa Mahang Sungai Hanyar, kecamatan Pandawan. Karena itu, Pakasam dari HST sering pula disebut Pakasam Mahang, merujuk pada nama daerah penghasilnya.
Pakasam berbahan dasar ikan yang diasinkan melalui proses permentasi dengan garam. Ikan yang diperam, dicampur dengan taburan beras ketan yang telah digoreng. Ikan yang akan dijadikan Pakasam bisa jenis apa saja. Namun yang paling diminati adalah Pakasam anakan ikan dan Pakasam Papuyu.

sekarang kita jelajah gizinya. kandungan gizi yang ada dalam Pakasam barabai adalah:
- Protein,
- mineral (Calsium), dan
- Karbohidrat

0 komentar:

Posting Komentar

ba-bal.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.
Selamat Datang, silakan cari yang anda cari....
 
Copyright 2013 ba-bal blog All rights reserved.