Di
tengah-tengah persaingan yang tajam dalam industri bimbingan belajar,
pada tanggal 1 Mei 1984 Ganesha Operation didirikan di Kota Bandung.
Seiring dengan perjalanan waktu, berkat keuletan dan konsistensinya
dalam menjaga kualitas, kini Ganesha Operation telah tumbuh bagai remaja
tambun dengan 411 outlet yang tersebar di 140 kota besar se
Indonesia. Latar belakang pendirian lembaga ini adalah adanya mata
rantai yang terputus dari link informasi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas
(SLTA) dengan dunia Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Posisi inilah yang
diisi oleh Ganesha Operation untuk berfungsi sebagai jembatan dunia
SLTA terhadap dunia PTN mengenai informasi jurusan PTN (prospek dan
tingkat persaingannya), pemberian materi pelajaran yang sesuai dengan
ruang lingkup bahan uji seleksi penerimaan mahasiswa baru dan
pemberian metode-metode inovatif dan kreatif menyelesaikan soal-soal
tes masuk PTN sehingga membantu para siswa lulusan SLTA memenuhi
keinginan mereka memasuki PTN.
Meskipun pada awalnya hingga tahun 1992
Ganesha Operation hanya ada di Bandung, pada tahun 1993 dibuka cabang
pertama di Denpasar. Dan pengembangan secara serius dilakukan mulai
tahun 1995. Sejak itu pertumbuhan cabang-cabang Ganesha Operation
benar-benar tidak terbendung. Image Ganesha Operation yang sangat kuat
telah merambah ke seluruh Nusantara sehingga setiap cabang baru dibuka
langsung diserbu oleh para siswa. Kalau pada saat pertama kali berdiri
siswa Ganesha Operation masih sedikit dan hanya mencakup program
kelas 3 SMU, kemudian dari tahun ke tahun jumlah siswanya terus
bertambah. Saat ini untuk 1 (satu) tahun pelajaran jumlah seluruh
siswa Ganesha Operation dapat mencapai sekitar 150.000 (seratus lima
puluh ribu) siswa, suatu jumlah yang sangat besar. Khusus untuk kelas 3
SMU, Ganesha Operation berhasil meluluskan lebih dari 10.000 siswanya
setiap tahun di berbagai PTN terkemuka di Indonesia melalui SNMPTN.
Mengapa reputasi Ganesha Operation begitu spektakuler.
Research and Development Ganesha Operation memang berhasil menemukan faktor utama maupun
faktor penunjang penentu keberhasilan siswa. Faktor utama tersebut
adalah kualitas pengajar, relevansi materi pelajaran, dan metodologi
pengajaran, sedangkan faktor pelengkap adalah teknologi dan informasi.
Kualitas pengajar Ganesha Operation tampak dari prestasi dan karyanya,
sukses dalam studi dan mampu mengarang buku-buku pelajaran
berkualitas terbaik. Relevansi materi pelajaran di Ganesha Operation
memang sangat akurat. Staf kami memberikan perhatian sangat besar untuk
ini. Kami bangga bahwa Ganesha Operation adalah satu-satunya
Bimbingan Belajar yang selalu memperhatikan event publikasi buku-buku
terbaru di dunia pada International Book Fair setiap tahun. Karena
itulah Ganesha Operation berhasil memperoleh buku-buku istimewa
seperti Text Book referensi pembuatan soal-soal SPMB. Sedangkan
tentang metodologi pengajaran, Ganesha Operation telah berhasil
memberikan daya tarik tersendiri dengan penemuan-penemuan khusus
berupa rumus-rumus sakti yang dapat menyelesaikan soal secara kilat
dan akurat dengan motto The King of the Fastest Solution. Banyak yang
mencontoh metoda ini tapi mereka tetap tertinggal di belakang karena
kami adalah penemunya.
Faktor
penunjang berupa teknologi seperti Audio Visual, Computerized
Management Information System dengan Piranti Touch Screen, Real Time
Attendance Record, Computer Aided Learning, Internet serta fasilitas
Local Area Network (LAN) merupakan alat bantu yang digunakan oleh
Ganesha Operation. Dalam perjalanannya, Ganesha Operation tidak lagi
hanya membatasi menggembleng siswa kelas 3 SMU untuk menghadapi UAN dan
SNMPTN, tapi kini telah menerima siswa kelas 2 dan 1 SMU; kelas 3, 2,
dan 1 SLTP; hingga kelas 6, 5, dan 4 SD dan menjadi market leader dalam
industri bimbingan belajar. Perkembangan Ganesha Operation dapat
dikatakan sangat spektakuler. Hal ini karena lembaga ini menerapkan
manajemen modern dengan prinsip-prinsip bisnis tetapi tetap menjunjung
tinggi nilai etika pendidikan. Ganesha Operation menerapkan market
driven strategy yang berorientasi pada kepuasan siswa (student
satisfaction) melalui pelayanan yang unggul (service excellence). Semoga
siswa-siswi Ganesha Operation tetap mendominasi lulusan SNMPTN pada
PTN-PTN terkemuka di Indonesia.
sumber: http://www.ganesha-operation.com/profil-GO.html
0 komentar:
Posting Komentar